Contoh Cerpen dan Unsur Intrinsiknya

Posted by Anonymous Wednesday, March 20, 2013 1 comments

Contoh Cerpen dan Unsur Intrinsiknya - Cerita Pendek atau yang sering disingkat dengan cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif, berisi cerita yang lebih padat dan langsung pada tujuan. Cerita pendek sendiri berasal dari anekdot, yaitu sebuah situasi yang digambarkan secara singkat dan cepat tiba pada tujuannya.

Menelaah Contoh cerpen dan unsur intrinsiknya

Menulis cerpen itu mudah, demikian kalimat yang pernah disampaikan oleh seorang Profesor, guru besar pada sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia, pada sebuah kesempatan acara workshop yang diselenggarakan oleh perusahaan penerbit buku bekerjasama dengan perguruan tinggi negeri tempat pak Profesor mengajar. Selain menyampaikan kalimat tersebut, pada kesempatan tersebut beliau juga memberikan contoh cerpen dan unsur intrinsiknya.

contoh cerpen dan unsur intrinsiknya yang dijadikan contoh oleh Pak Profesor adalah contoh cerpen dari sebuah cerpen karya penulis muda yang baru pertama kali menulis cerpen dan mendapat sambutan bagus tidak hanya dari para pembaca cerpen awam namun juga dari para penulis cerpen kenamaan serta juga dari para kritikus sastra.  

Mengapa pak Profesor tadi mengambil contoh cerpen dan unsur intrinsiknya dari sebuah cerpen yang ditulis oleh seorang penulis cerpen pemula? Hal ini dimaksudkan untuk semakin memperkuat atau mempertegas kalimat dari pak Profesor sendiri yang menyatakan bahwa, menulis cerpen itu mudah. Buktinya, seorang penulis cerpen pemula bisa membuat cerpen yang dinilai bagus oleh kebanyakan orang. Maklum, yang hadir pada acara workshop tersebut adalah para mahasiswa-mahasiswi yang berminat menjadi penulis, khususnya penulis cerpen yang masih ragu apakah mereka bisa menulis cerpen.

Pada contoh cerpen dan unsur intrinsiknya yang dijadikan ilustrasi oleh pak Profesor tentu saja mewakili contoh cerpen yang baik yaitu memiliki tema cerita, alur cerita, dimana atau kapan cerita itu terjadi yang biasa disebut juga latar cerita.

contoh cerpen dan unsur intrinsiknya yang baik juga harus memiliki tokoh atau penokohan, kemudian gaya bahasa, cara pandang si penulis, dan pesan yang terkandung dalam cerpen tersebut.
Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Cerpen dan Unsur Intrinsiknya dan anda bisa menemukan artikel Contoh Cerpen dan Unsur Intrinsiknya ini dengan url http://naskahblog.blogspot.com/2013/03/contoh-cerpen-dan-unsur-intrinsiknya.html?m=0,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Contoh Cerpen dan Unsur Intrinsiknya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Contoh Cerpen dan Unsur Intrinsiknya sumbernya.

+ comments + 1 comment

February 25, 2020 at 10:35 AM

Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

Over 160000 men and women are using a easy and secret "liquid hack" to drop 1-2lbs every night as they sleep.

It is easy and works all the time.

You can do it yourself by following these easy steps:

1) Go get a glass and fill it half the way

2) Then do this proven hack

you'll be 1-2lbs thinner as soon as tomorrow!

Thank's Unknown For Comment On: Contoh Cerpen dan Unsur Intrinsiknya

Add New Comment