Contoh Naskah Pidato Tema Menjaga Lingkungan Di Sekolah

Posted by Anonymous Friday, February 3, 2012 0 comments

Cara menyampaikan Pidato Kebersihan Lingkungan di Sekolah yang efektif

Masih ingat salah satu iklan di televisi tentang sabun pembasmi kuman yang melibatkan anak-anak kecil? Dalam iklan tersebut dijelaskan bahwa kegiatan menjaga kebersihan harus dimulai sedini mungkin. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan banyak dilakukan oleh penyuluh-penyuluh baik dari instansi pemerintah maupun dari swasta atau dari lembaga swadaya masyarakat atau biasa disingkat LSM ke sekolah-sekolah baik itu Sekolah Dasar atau bahkan Taman kanak-kanak. Dalam setiap kegiatan penyuluhan tersebut, para penyuluh dituntut untuk bisa menyampaikan pidato kebersihan lingkungan di sekolah yang efektif kepada civitas akademika di sekolah tersebut.

Pidato kebersihan lingkungan di sekolah yang disampaikan kepada anak-anak di Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar tidak bisa sama dengan pidato kebersihan yang disampaikan kepada siswa-siswa di tingkat SMP atau SMA.
Pada pidato kebersihan lingkungan di sekolah yang disampaikan kepada anak-anak di Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar sebaiknya tidak berupa pidato orasi yang hanya menyampaikan kata-kata saja, akan tetapi pidato kebersihan tersebut harus disertai dengan contoh praktek langsung yang melibatkan seluruh anak-anak sekolah tersebut.

Selain itu, pidato kebersihan lingkungan di sekolah bagi anak-anak Sekolah Dasar harus menggunakan kata-kata sederhana yang sudah dan mudah difahami oleh anak-anak di tingkat Sekolah Dasar. Penggunaan kata-kata yang terlalu ‘tinggi’ bukan hanya akan menyebabkan pidato tersebut menjadi tidak efektif dan malah akan berakibat kontra produktif.

Pada kesempatan penyampaian pidato kebersihan lingkungan di sekolah, berilah kesempatan anak-anak untuk bertanya atau menyampaikan pendapatnya, artinya komunikasi yang dibangun pada acara penyampaian pidato tersebut adalah komunikasi dua arah.


Contoh Pidato tema kebersihan lingkungan di sekolah.


Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kitasemua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya.

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga Lingkungan Di Sekolah”.

Teman-teman, ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita.Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.
Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.
Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.
2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.Tetapi pada akhirnya pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut akhirnya waktu dibuang itu disatukan kembali jadi sia-sia kita memila sampah basah dan sampah kering kalau pada akhirnya juga disatukan kembali. Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampahbasah dan sampah kering untuk mengurangi pencemaran lingkungan.
Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya sayaucapkan terimakasih dan saya akhiri.

WalbilaihiTaufikWalhidayahWassalamu’alaikum W.W.
Anda sedang membaca artikel tentang Contoh Naskah Pidato Tema Menjaga Lingkungan Di Sekolah dan anda bisa menemukan artikel Contoh Naskah Pidato Tema Menjaga Lingkungan Di Sekolah ini dengan url http://naskahblog.blogspot.com/2012/02/contoh-naskah-pidato-tema-menjaga.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Contoh Naskah Pidato Tema Menjaga Lingkungan Di Sekolah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Contoh Naskah Pidato Tema Menjaga Lingkungan Di Sekolah sumbernya.

Add New Comment