Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda

Posted by Unknown Tuesday, April 24, 2012 0 comments
Contoh Pidato dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda atau hari pemuda.
Assallamu alikum Wr. wb. Para hadirin dan para pemuda yang pada saat ini kumpul di (ruangan/tempat) ini semuanya. Alhamdullilah... apa yang telah diperjuangkan para pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 silam sampai saat ini, masih tetap bisa kita jaga utuh baik tekad maupun tujuan dari apa yang telah para pemuda "ikrarkan" pada saat itu. Untuk itu saya bersyukur, marilah kita memanjatkan do’a kehadirat Allah SWT , Tuhan Yang Maha Esa, agar kita semua, terutama generasi muda diberi kekuatan lahir dan bathin dalam meneruskan perjuangan membangun bangsa dan negara ini untuk mewujudkan kehidupan masa depan yang lebih baik.
Para hadirin dan para pemuda sekalian. Hari ini, kita semua kembali memperingati hari bersejarah yaitu Hari Sumpah Pemuda. Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan di negara Republik Indonesia tercinta ini. 
Para hadirin dan para pemuda sekalian. Setiap kita memperingati hari-hari yang bersejarah, kita perlu kiranya mengenang dan merenungkan sejenak, betapa besar perjuangan para pendahulu kita, para pejuang dan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan ini, yang mana hal tersebut dilakukan secara kompak dan terpadu antara masyarakat dengan semua kekuatan yang ada. Perjuangan mereka tidak mengenal waktu, perjuangan mereka tidak dapat dinilai dengan harta benda maupun keluarga. Mereka semua mempunyai tujuan yang sama, mereka hanya ingin mencapai satu tujuan yaitu merdeka.
Para hadirin dan para pemuda sekalian. Kita sebagai penerus perjuangan bangsa ini, alangkah baiknya bila hasil dari perjuangan mereka dimasa lampau itu tidak kita sia-siakan dengan hanya mengisi atau menghabiskan waktu kita dengan bersenang-senang dan dengan membuang waktu secara percuma. Kita sebagai Pemuda harus menjadi ujung tombak dan pionir perjalanan bangsa ini, serta harus mampu pula mengemban amanat reformasi. Kita jangan sampai terjebak pada fase pertentangan dan diskusi yang sebetulnya tidak perlu yang hanya membuang energi dan tenaga saja. Berpikiran positif dan terus berkarya akan lebih baik bila dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk saling berdebat tanpa menghasilkan satu keputusan yang nyata untuk menjadikan negeri ini menjadi lebih baik.
Para hadirin dan para pemuda sekalian. Mengingat akan lebih beratnya tantangan yang akan kita hadapi, sebagai pemuda harapan bangsa yang akan mengambil alih kepemimpinan dan sebagai pengambil kebijakan dimasa depan nanti, alangkah baiknya bila kita sebagai pemuda yang akan meneruskan memimpin bangsa ini untuk terus belajar dan belajar tanpa henti demi kemajuan dan kemakmuran bangsa ini.
Para hadirin dan para pemuda yang saya hormati. Sumpah Pemuda yang lahir pada tanggal 28 oktober 1928 itu merupakan suatu keputusan yang lahir dari berbagai diskusi dan pembicaraan panjang dan alot yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia pada waktu itu, yang mana hal tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Republik Indonesia. Oleh karena itu, pemuda sebagai calon pemimpin dan pelaku bangsa kedepan harus mampu memahami serta menghayati secara mendalam tentang makna dari sumpah pemuda itu. Oleh karena itu, dalam memperingati hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda ini marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, moral bangsa, juga dituntut peningkatan SDM bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan yang lebih baik.
Demikian pidato singkat yang bertemakan Sumpah Pemuda ini saya akhiri sampai disini, mudah-mudahan kita sebagai penerus bangsa dapat mengemban amanat tersebut dan menjalankannya agar bangsa ini menjadi bangsa yang bermoral, adil, makmur dan sejahtera.
Sekian dan Terima kasih
Wassallamu’alaikum wr. wb.



Contoh pidato ini dikutip dari berbagai sumber dan diedit ulang, bagi anda yang membutuhkan contoh pidato ini silahkan mengutipnya dan mengeditnya kembali agar menjadi lebih baik sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Naskah Pidato Pelepasan Jemaah Haji

Posted by Unknown Monday, April 23, 2012 0 comments

Pidato Acara Tasyakuran Pemberangkatan Haji
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.
Sebelumnya  marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk dapat hadir diacara pelepasan jemaah Haji warga/keluarga (Bapak/Ibu) ........ dalam keadaan sehat walafiat, tanpa ada halangan suatu apapun.
Mudah-mudahan shalawat dan serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhamad SAW, karena beliaulah yang merubah tatanan jahiliyah menuju tatanan islamiah.
Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.
Alhamdulillah pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat berkumpul dalam rangka menghadiri acara Halal bi Halal dan Pelepasan Jamaah Calon Hajiwarga/keluarga (Bapak/Ibu) ......... tahun ......... H ini.
Hadirin yang dirahmati Allah,
Di tahun ……….. H ini, warga
/keluarga (Bapak/Ibu) ......... yang akan menunaikan ibadah haji ini mudah-mudahan dijadikan haji yang mabrur.
Di bulan ini banyak saudara-saudara islam yang mampu, baik dari segi  ekonomi, maupun kesehatan, yang  diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci makah. Teriring do’a mudah-mudahan saudara-saudara kita semua yang melaksanakan haji senantiasa menjadi haji yang mabrur.
Hadirin yang dirahmati Allah,
Haji mabrur tentunya akan membuahkan berbagai macam kemanfaatan, baik bagi dirinya,keluarganya, maupun lingkungannya.
Berkaitan dengan ibadah haji ini sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam fiman-Nya:
Dan mengerjakan haji itu adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang-orang yang sanggup untuk mengerjakan perjalanan ke Baitullah.
Hadirin yang dirahmati Allah.
Dalam bulan dzulhijjah tepatnya tanggal 10 ada juga perintah untuk menyembelih hewan ternak, baik berupa kambing, sapi, maupun unta. Perintah kurban ini ditujukan kepada orang-orang yang telah mampu dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Perintah menyembelih kurban ini sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam firma-Nya:
Maka kerjakanlah shalat, dan sembelihlah kurban.
Hadirin yang berbahagia, sebagai umat Islam tentu kita semuanya yang belum diberi kesempatan oleh Allah melaksananakn ibadah haji ini juga ingin melaksanakn ibdah haji sebagaimana halnya Bapak Abdau. Oleh karena itu kami yang akan melepas keberangkatan Bapak Abdau beserta Ibu ke tanah suci ini dapat memetik hikmah tasyakur haji ini, sehingga mudah-mudahan kita nantinya juga diberi kekuatan dan kemampuan melaksanakn ibadah haji sebagaimana halnya Bapak Abdau sekarang ini. Amin!

Hadirin yang mulia, sekali lagi atas nama keluarga Bapak/Ibu ........ kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas perhatian hadirin yang hadir pada malam (hari) ini. Kepada Bapak/Ibu .......... beserta Ibu, sekali lagi kami atas nama hadirin mengucapkan selamat jalan, selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur. Amin.

Akhirul kalam, Wabillahitaufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pidato Kebersihan Lingkungan Di Sekolah

Posted by Unknown Wednesday, April 11, 2012 0 comments

Contoh Pidato Kebersihan Lingkungan Di Sekolah ini sebagai tambahan koleksi dari contoh-contoh pidato yang lainnya, untuk pidato tema kebersihan lingkungan di sekolah yang lainnya, kalian bisa mencarinya di halaman sebelumnya. mudah-mudahan berguna dan bermanfaat.
Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Bapak/Ibu Guru yang kami hormati
Serta teman-temanku semua yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karuniaNYA sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Sebelum saya memulai pidato ini, saya akan mengingatkan tentang slogan-slogan yang menempel di hampir setiap koridor sekolah kita, diantaranya “bersih pangkal sehat”, “kebersihan adalah sebagian dari iman”, “jagalah kebersihan”. Tapi apakah slogan-slogan tersebut telah menggugah kita untuk mengamalkannya? Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan, baik itu berupa kertas-kertas bekas maupun bungkus-bungkus bekas makanan jajanan mereka...
Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan dimana-mana. Sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun diluar kelas, selain itu kotornya lingkungan sekolah juga dapat menjadikan suasana belajar kita menjadi tidak nyaman.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di tempat kita belajar, perlu sekali dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kepada setiap siswa untuk menjaga kebersihan yang bersifat mengatasi masalah di atas. Agar tindakan tersebut menjadi contoh kepada siswa-siswa yang masih belum sadar tentang betapa pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah. Dengan tindakan-tindakan tersebut  diharapkan para pendidik mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Janganlah slogan-slogan yang tadi saya contohkan tersebut tidak kita pedulikan seperti hiasan belaka tanpa kita laksanakan, contohnya masih banyak siswa yang membuang sampah sembarangan, merobek-robek kertas di kelas, kalau buang air kecil tidak disiram dan menimbulkan bau yang tidak sedap, selain itu juga masih ada lagi contoh-contoh lain yang mencerminkan siswa tidak menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan di sekolah mereka.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Kita tidak maukan sekolah kita menjadi kotor,kumuh dan penuh dengan sampah. Sampah-sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, selain itu juga dapat menyebabkan suasana belajar kita tidak nyaman akhirnya kita tidak konsentrasi dengan pelajaran yang diberikan bapak/ibu guru.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan tersebut,  diharapkan mampu menyadarkan para siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga.

Sebagai penutup saya ingin mengajak semua teman-teman untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan sekolah yang kita cintai ini agar menjadi sebuah sarana belajar yang kondusif dan nyaman dengan mengawalinya dari kebersihan....

Demikian pidato dari saya ini, kurang lebihnya saya mohon maaf... Silahkan mengeditnya kembali menjadi sebuah pidato yang lebih baik lagi sesuai dengan kebutuhan kalian.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Contoh Naskah Pidato Tentang Qurban

Posted by Unknown Tuesday, April 10, 2012 0 comments
Pidato Tema Qurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha. Bagi kalian para siswa atau siapa saja yang kebetulan sedang mencari contoh pidato yang bertemakan Kurban. dibawah ini ada contoh pidato singkat tentang qurban yang bertepatan dengan penyelenggaraan ibadah haji pada hari raya Idul Adha

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Yang terhormat Bapak/Ibu .... juga para tamu undangan (teman-teman) sekalian. Pertama - tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena pada kesempatan yang berbahagia ini kita masih diberi kesempatan untuk bisa hadir ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Shalawat dan salam semoga tetep tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhamad SAW, karena jasa beliaulah sehingga kita menjadi kaum yang diridhoi olehNYA. Amien...
Sebelumnya marilah kita berdoa semoga saudara-saudara kita yang saat ini sedang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci menjadi haji yang Mabrur. 
Saudara-saudaraku sekalian (Kaum muslimin dan muslimat)
Janganlah kita melupakan makna dan semangat yang terkandung dalam ibadah qurban, yaitu bagaimana kita mampu membebaskan diri dari mempertuhankan harta kita. Dengan demikian diharapkan kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SAW dengan mengurbankan segala potensi yang kita miliki untuk meraih ridhoNYA.
Saudara-saudaraku sekalian (Kaum muslimin dan muslimat)
Yang menjadi pokok persoalan saat ini adalah apakah qurban yang secara rutin kita laksanakan itu mampu mencerminkan makna dan semangat yang terkandung didalamnya? atau hanya menjadi ritualitas semata? Banyak diantara kita melaksanakannya dengan ringan-ringan saja sebagai sebuah kelaziman tanpa nilai pengorbanan didalamnya. Seolah apa yang telah kita qurbankan hanyalah sebagai lambang sebuah prestise belaka?
(Dibagian ini kalian bisa juga menambahkan / menyisipkan beberapa contoh kejadian)
Saudara-saudaraku sekalian (Kaum muslimin dan muslimat)
Bukanlah daging dan darah qurban tersebut saja yang Allah harapkan dari ritual tersebut, karena Allah tidaklah butuh pada segala sesuatu dan dialah yang pantas diagung-agungkan. Yang Allah harapkan dari qurban tersebut adalah keikhlasan, ihtisab (selalu mengharap-harap pahala dari-Nya) dan niat yang sholih. Oleh karena itu, Allah katakan (yang artinya), “ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapai ridho-Nya”. Inilah yang seharusnya menjadi motivasi ketika seseorang berqurban yaitu ikhlas, bukan riya’ atau berbangga dengan harta yang dimiliki, dan bukan pula menjalankannya karena sudah jadi rutinitas tahunan.
Saudara-saudaraku sekalian (Kaum muslimin dan muslimat)
Demikian pidato kami dalam acara idul kurban. Mudah-mudahan apa yang telah saya sampaikan tadi dapat bermanfaat bagi saya pribadi, bagi kita semua yang hadir disini dan bagi kaum muslimin dan muslimat semuanya. Kurang lebihnya pidato yang telah saya sampaikan, maaf bila ada kata yang salah dan tidak berkenan.
Kurang dan lebihnya dari pidato singkat ini, silahkan kalian mengeditnya kembali sehingga menjadi sebuah pidato yang lebih baik lagi. karena ini hanyalah contoh aja :)
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA

Download RPP Berkarakter Lengkap dengan Materi

Posted by Unknown Saturday, April 7, 2012 0 comments
Download RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi untuk SMA kelas X LENGKAP dengan materinya. Hal tersebut ditujukan agar mempermudah di dalam mempraktikkan Rencana Program Pembelajaran tersebut. 








Lebih lanjut, silakan download RPP Berkarakter di bawah ini.



Berikut saya sertakan CONTOH salah satu bentuk RPP Berkarakter tersebut.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


  1. IDENTITAS

1.       Satuan Pendidikan                 : SMA Negeri 3 Surakarta
2.       Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia
3.       Kelas/Semester                       : X/1
4.       Tahun Ajaran                            : 2011/2012
5.       Kompetensi                               : Mendengarkan
6.       Waktu                                          : 4 x 45 Menit (2 Pertemuan)


  1. STANDAR K0MPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

     1. Memahami siaran/cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung



         1.1 Menanggapi siaran/informasi dari media elektronik (berita/non berita)

         1.2 Mengindentifikasi unsur-unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara

               langsung/melalui rekaman



  1. INDIKATOR

  1. Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak.

  2. Mampu memberikan tanggapan terhadap isi berita di dalam siaran berita radio atau televisi.

  3. Mampu menuliskan isi berita/siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami dan menyampaikan kembali secara lisan

  4. Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman.

  5. Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf.

  6. Memberikan tanggapan tentang unsur instrinsik dan ekstrinsik.



  1. TUJUAN PEMBELAJARANSetelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat:

  1. Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak.

  2. Mampu memberikan tanggapan terhadap isi berita di dalam siaran berita radio atau televisi.

  3. Mampu menuliskan isi berita/siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami dan menyampaikan kembali secara lisan

  4. Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman.

  5. Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf.

  6. Memberikan tanggapan tentang unsur instrinsik dan ekstrinsik.Karakter yang diharapkan: kritis, kreatif, tekun, tanggung jawab, dapat dipercaya



  1. MATERI PEMBELAJARAN

  1. Definisi dan Jenis Tanggapan

  2. Teknik Menyampaikan Tanggapan

  3. Menemukan Unsur-Unsur Suatu Cerita 

          (terlampir)



  1. METODE PEMBELAJARAN

  1. Permodelan

  2. Diskusi

  3. Inkuiri



  1. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Engkos Kosasih. 2008. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.

  2. Euis Sulastri, dkk. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemdiknas.

  3. Tampilan materi ‘Menyampaikan Tanggapan

  4. Video pendukung materi



  1. STRATEGI PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KESATU (2 x 45 MENIT)






KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
  1. Pendahuluan

  • Guru membuka pelajaran (doa/salam), kemudian presensi kehadiran siswa

  • Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran

  • Guru memberikan motivasi masalah pendidikan

10’
  1. Kegiatan inti

a.      Eksplorasi
  • Siswa bersama guru bertanya jawab tentang berita terkini yang diikuti

  • Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang menarik dari berita yang diikuti tersebut

  • Siswa bersama guru bertanya jawab tentang isi suatu berita

b.      Elaborasi
  • Siswa menyimak pemutaran sebuah video rekaman berita

  • Siswa ditugaskna untuk mencatat pokok berita serta hal yang menarik dari berita tersebut dalam bentuk kerangka tanggapan

  • Setelah selesai, siswa membuat tanggapan utuh berdasarkan kerangka yang telah dibuat tersebut

  • Salah satu siswa maju untuk menyampaikan taggapannya terhadap berita tersebut

  • Siswa yang lain menanggapi (memberi tambahasan, kritik, saran) kepada siswa yang maju

c.       Konfirmasi
  • Siswa bersama guru membahas tanggapan yang telah disampaikan

  • Siswa bersama guru memberikan apresiasi positif pada diskusi yang dilakukan

  • Guru memberikan penguatan tentang materi yang sudah dibahas

70’
  1. Kegiatan penutup

  • Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dibahas

  • Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran dalam pertemuan hari ini

  • Guru menyampaikan tugas untuk membawa artikel berita dari sebuah surat kabar dan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya

10’


PERTEMUAN KEDUA (2 x 45 MENIT)





KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
  1. Pendahuluan

  • Guru membuka pelajaran (doa/salam), kemudian presensi kehadiran siswa

  • Guru memberikan motivasi kepada siswa tentang kegiatan kesehariannya

10’
  1. Kegiatan inti

a.      Eksplorasi
  • Siswa bersama guru mengulas materi pada pertemuan sebelumnya

  • Siswa bersama bersama guru bertanya jawab tentang cara menanggapi berita dengan baik dan benar

b.      Elaborasi
  • Guru memutarkan video tentang pembacaan berita

  • Siswa menyimak video pembacaan berita yang diputarkan

  • Siswa mencatat hal pokok yang terdapat dalam berita tersebut (5W+1H)

  • Siswa membuat kerangka berdasarkan unsur 5W+1H yang ditemukan

  • Siswa ditugaskan membuat rangkuman berita tersebut dengan mengembangkan kerangka yang telah dibuat dengan bahasa mereka sendiri

  • Siswa secara perwakilan beberapa maju dan membacakan rangkuman yang telah dibuat

  • Siswa yang lain menanggapi

c.       Konfirmasi
  •  Siswa mengumpulkan hasil rangkumannya kepada guru

  •  Siswa bersama guru membahas hasil siswa yang telah maju

  • Siswa bersama guru memberikan apresiasi positif pada kegiatan yang dilakukan

  • Guru memberikan penguatan tentang materi yang sudah dibahas

70’
  1. Kegiatan penutup

  • Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari

  • Siswa bersama guru melakukan refleksi pembelajaran dalam pertemuan hari ini

  • Guru menyampaikan kegiatan dalam pertemuan selanjutnya

10’


  1. PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
PERTEMUAN I




Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
Penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
1.       Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak
2.       Mampu menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami
3.       Menyampaikan kembali secara lisan
Tes tulis


Uraian
1.     Catatlah pokok-pokok isi berita yang diputar!
2.     Tulislah dalam bentuk kerangka yang urut!
3.     Buatlah sebuah paragraf yang utuh dari kerangka tersebut!
4.     Sampaikan secara lisan hasil tulisanmu kepada teman yang lain!




      PERTEMUAN II




Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
1.       Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
2.       Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
Tes tulis


Uraian
1.       Identifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik cerita yang diputarkan!
2.       Tuliskan secara ringkas isi cerita tersebut dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf!


§  Afektif








SK


KD




NAMA SISWA
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
Jumlah
(1)
(2)
(4)
(5)
(6)
































        Kriteria penilaian                                                                                                                             




Butir Soal
Kriteria
Skor Maks
  1. Catatlah pokok-pokok isi berita yang diputar!

  2. Tulislah dalam bentuk kerangka yang urut!

  3. Buatlah sebuah paragraf yang utuh dari kerangka tersebut!

  4. Sampaikan secara lisan hasil tulisanmu kepada teman yang lain!

  5. Tuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf!

  1. Mencatat pokok-pokok isi berita yang diputar (5W+1H)

  2. Menuliskan kerangka yang urut

  3. Membuat paragraf yang utuh dari kerangka tersebut

  4. Menyampaikan secara lisan hasil tulisan dengan runtut dan bahasa yang baik

  5. Menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf

100


100
100


100




100
JUMLAH
500
Nilai akhir = (1)+(2)+(3)+(4)+(5)/5






Mengetahui,                                                                        Surakarta,    Januari 2012
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       




---------------------------------                                                    -----------------------------------
NIP.                                                                                     NIP.




LAMPIRAN MATERI


Cara Menyampaikan Tanggapan dan Pertanyaan
Diskusi merupakan suatu bentuk bertukarpikiran yang teratur dan terarah baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Beberapa pendapat akan muncul dalam diskusi. Pendapat merupakan gagasan, pikiran, atau ide tentang suatu hal (orang atau peristiwa).
Jika Anda mengajukan pendapat dalam diskusi, Anda harus menyertakan argumentasi. Argumentasi adalah pemberian alasan, contoh, dan bukti sehingga peserta diskusi membenarkan pendapat, gagasan, dan sikap. Anda dapat mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap pendapat orang lain. Akan tetapi, persetujuan dan penolakan tersebut harus bersifat objektif dan disertai alasan yang logis.
Contoh kalimat persetujuan pendapat:
Saya sependapat dengan pendapat Saudara bahwa motivasi itu berasal dari diri sendiri dan didukung oleh dorongan orang-orang sekitar. Hal terpenting untuk memotivasi diri adalah tetap teguh pendirian dan sabar.
Contoh kalimat penolakan pendapat:
Saya kurang sependapat dengan apa yang Anda sampaikan karena wirausaha memerlukan modal, bukan hanya kemauan. Kemauan tanpa ada kemampuan sama saja nol.
Agar Anda mampu mengemukakan pendapat dengan alasan yang logis, lakukan langkah-langkah berikut.
1.       Berpikir kritis dan logis.
2.       Menjauhkan emosi dan subjektivitas.
3.  Mampu memilih fakta yang sesuai dengan tujuan sehingga dapat ditarik kesimpulan yang sulit dibantah.
Selain tanggapan, dalam diskusi juga ada berbagai pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan tersebut harus sesuai dengan materi yang dibahas. Pertanyaan tidak boleh memojokkan orang lain.
Contoh:
Kita mengetahui bangsa Indonesia memiliki keragaman suku dan budaya. Bagaimana pemerintah memajukan Indonesia dengan beragam perbedaan kultur dan budaya tersebut?
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengemukakan tanggapan.
1.       Cara mengemukakan pertanyaan dan tanggapan.
  • Pertanyaan dan tanggapan yang dikemukakan berhubungan dengan masalah yang sedang dibicarakan.

  • Pertanyaan dan tanggapan dapat mempercepat pemahaman masalah, penemuan sebab, dan pemecahan masalah.

  • Pertanyaan dan tanggapan tidak mengulangi pendapat yang pernah disampaikan peserta lain.

  • Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan kata dan kalimat yang tepat.

  • Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka dan sopan.

  • Pertanyaan dan tanggapan dapat didukung atau diperjelas dengan gerak, mimik, nada suara, tekanan, dan intonasi.

2.       Menolak atau menyanggah pendapat orang lain harus mengingat hal berikut.
  • Emosi marah dan prasangka negatif harus dihindari.

  • Sanggahan harus objektif, logis, dan jujur.

  • Menunjukkan data, fakta, ilustrasi, contoh, atau perbandingan yang dapat meyakinkan peserta lain.

  • Sanggahan atau penolakan disampaikan secara urut, terperinci, teliti, dan tidak berbelit belit. Dengan demikian, sanggahan mudah dimengerti.

  • Jangan menjelekkan orang lain

Silakan lihat juga Download RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMA Kelas X